021 557 40878
smait@asy-syukriyyah.sch.id
Cipondoh,Kota Tangerang , 15141
blog-img
04/09/2020

Refleksi Webinar MC2 - Oleh Ike Hilatun Nisa

admin | Pendidikan

 

Bismillah,

Webinar bersama Ka Rio (MC2) yang di selenggarakan oleh LPIA pada hari Kamis 27 Agustus 2020 dengan tema “Pentingnya Peran walikelas di Masa Pandemi” merupakan langkah positif yang sangat di apsresiasi khususnya bagi saya sebagai Walas di Unit SMAIT….. atau Ka Rio sebut kami dengan panggilan sebagai Menejer kelas.

Gambaran perasaan saya ketika dapat info akan ada Webinar bersama ka Rio, adalah hal yang ditunggu ditunggu, pengalaman beberapa kali mengikuti kegiatan dengan ka Rio selalu mendapat ilmu baru dan perasaan baru.

Saat berlangsungnya Webinar bersama ka Rio, bertambah lagi pengetahuan saya tentang banyak hal, yang tentunya memiliki peran yang penting bagi penunjang amanah yang saya laksanakan saat ini yaitu sebagai Walas kelas X.

Usai Webinar dengan ka Rio, pemikiran dan hati saya semakin terbuka dan tercerahkan karena uraian beliau yang komunikatif, lugas, tepat sasaran dan bermakna membuat saya ingin meng upgrading lagi ilmu dan pengetahuan saya sebagai guru dan selaku Walas, agar dapat menjadi lebih berkreasi.

Berharap kreasi tersebut dapat menambahkan sesuatu yang sudah dilaksanakan serta dapat membawa sebuah perubahan yang baik, adapun perubahan perubahan yang akan di lakukan selaras dengan amanah guru dan Walas yang diemban antara lain;

  1. Mengajar dengan hati, saat kita membutuhkan focus anak didik  bersama kita maka, terlebih dahulu kita harus mampu secara perlahan membuka hati anak didik, bahwa proses belajar online ini bukan lagi menjadi kewajiban yang membebani semata tapi menjadi kebutuhan mereka. Hal itu akan tercapai jika kita dapat berkomunikasi yang efektif dengan mereka, dan juga mendengarkan mereka baik saat bercengkrama di WA grup kelas ataupun saat pertemuan via Zoom Meeting.
  2. Dapat merubah cara berpikir seorang walas dalam proses mendidik anak didik, dimana pendidkan itu harus dilandasi dengan keikhlasan dalam mentransfer ilmu kepada anak didik. Walas harus menjadi seorang guru yang dapat membangun karakter anak didik menjadi lebih baik, bukan hanya menjadi seorang pengajar semata
  3. Berkomunikasi  intens dengan orang tua melalui telepon secara personal ataupun melalui WA, menyampaikan perkembangan belajar online anaknya selama 2 bulan ini.
  4. Membuat sebuah tim yang kooperatif dan solid antara Walas dan Orang tua agar memiliki tujuan yang sama sehingga, orang tua dapat memiliki rasa percaya yang positif terhadap semua kebijakan dan kegiatan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

 

 

Alhamdulillah,

Bagikan Ke:

Populer