021 557 40878
smait@asy-syukriyyah.sch.id
Cipondoh,Kota Tangerang , 15141
blog-img
04/09/2020

Refleksi Webinar MC2 - Oleh Amalia Ulfah

admin | Pendidikan

1.Perasaan sebelum webinar

Saya merupakan wali kelas baru untuk semester ini dimulai dan memang saya pribadi sangat menantikan diadakan seminar atau webinar mengenai wali kelas dan bagaimana dalam memenage kelas dengan baik.  Sebelum dilakukan webinar motivasi guru yang bertemakan “Pentingnya Peran Wali kelas di masa pandemi” ini saya banyak belajar dari wali kelas yang sudah lebih dulu atau yang berpengalaman. Karena saya sadari dalam mengatur jalannya pola kelas tidak boleh sembarangan. Karena di dalamnya bukan hanya mengatur kelas beserta siswa, melainkan hubungan baik dengan orang tua atau wali murid dengan sekolah. Ditengah pandemic ini merupakan hal yang sedikit berbeda, semua silaturahim diadakan melalui virtual dengan siswa, orang tua maupun hubungannya dengan program sekolah. Disinilah titik dimana memerlukan strategi baru yang sedikit berbeda.

 

2.Perasaan saat webinar

Saat webinar berlangsung ada banyak hal yang saya ambil yakni menengai 3 kecerdasan wali kelas dalam manaje kelas, yaitu Kecerdasan Teknologi : Walas mampu dalam menjalani teknologi yang kini sedang digunakan, Kecerdasan Sosial emosional : Stabil emosinya . adanya feed back antara orang tua siswa dengan guru (menghadapi wali murid dengan baik atau dengan kepala dingin jika adanya suatu problem yang mengulangan dan berpikir positif diawal), Kecerdasan kontekstual : menjadi pendengar yang baik pada awalnya, perbaikan data, transformative. Dari ketiga kecerdasan diatas merupakan aspek penting yang harus di perhatikan lagi dengan relitas kelas di saat pandemi ini.

 

3.Perasaan setelah mengikuti webinar

Setelah mengikuti webinar ada beberapa hal yang ingin saya perbaharui dalam manage kelas dan juga lebih mengedepankan 3 kecerdasan yang telah saya jabarkan di paragraph sebelumnya. Karena berbicara mengenai kecerdasan teknologi bukan hanya dibitihkan saat pandemic ini, tetapi seorang guru harus lebih inovatif dalam menggunakan teknolohgi termasuk menyelami penggunaan media social yang sedang di gemari para siswa. Karena saya dari SMAIT, artinya penanganan siswa pun cendrung pada remaja akhir dimana masa – masa ingin banyak mencoba dan rasa ingin tahu yang tinggi, dengan itu sangat penting guru terutama walasnya pun up to date dengan media social yang sedang di gunakan saat kini.

 

4.Penilaian guru tentang webinar

Penilaian mengenai webinar motivasi gutu dan terkhusus wali kelas saat pandemi ini sangat solutif dan dapat menjadi tolak ukur kemampuan walas dalam mengatur kelasnya masing masing dan lebih membuka wawasan mengenai cara-cara yang harus dihadapi ketika menjawab pertanyaan yang bervariasi dari orang tua atau wali murid.

 

5.Perubahan atau rencana apa saja yang akan dilakukan setelah ikut webinar yang terkait tugas guru

Rencana yang akan saya bangun setelah mengikuti webinar ini adalah mengaplikasikan 3 kecerdasan, yaitu kecerdasan teknologi, social emosional dan kontekstual dengan mengikuti pola yang telah berlangsung saat ini, seperti :

  •  Variasi media pembelajaran untuk siswa, karena selain walas saya pun sebagai guru mapel. Yang sudah berjalan dengan baik selama 2 bulan ini adalah Schoology, zoom dan WAG. Semuanya di gunakan dengan baik dan tidak ada kendala kecuali kendala jaringan. Tetapi ada hal yang ingin saya tambahkan adalah penggunaan instagram, melalui feed, instastory maupun IGLIVE, quiziz ataupun kahoot
  • Sosial emosional, lebih menumbuhkan positif thinking terhadap apapun yang terjadi. Dalam hal siswa maupun orang tua. Didiskusikan secara japri dan pendekatan personal pada orang terkait.
  • Kontekstual, yakni lebih pada pendataan. Rencana saya akan japri masing masing siswa untuk mengobrol mengenai rencana kedepan siswa dan keinginan siswa kearah atau jurusan apa yang diinginkan, setelah itu saya sinkronkan dengan data awal masuk dan keinginan orang tua. Karena saya walas kelas XI, tujuannya adalah agar siswa sudah bersiap dari sekarang untuk jenjang selanjutnya, memotivasi siswa dan pendekatan psikis yang baik antara wali kelas, siswa dan orang tua siswa
Bagikan Ke:

Populer